Benarkah Jadi PNS Menggiurkan, Ini Faktanya

Hai Takaiters tertarik jadi Pegawai Negeri Sipil atau biasa disingkat PNS?. Tahun ini pemerintah kembali membuka kesempatan bagi para pejuang yang ingin mengganti platnya menjadi plat merah dan menduduki kursi panas sebagai abdi negara. Profesi yang terkenal dengan kemapanan dan jaminan masa tua ini memang tidak pernah kehilangan pesonanya.
Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, pendaftaran sudah mulai dibuka. Dua hari setelahnya, tercatat sudah terdapat 2,3 juta jiwa yang telah membuat kartu akun pendaftaran CPNS. Tercatat dalam lampiran Kementerian Agama menempati sebagai kementerian dengan formasi terbanyak 5.815. Disusul Kementerian Hukum dan HAM 4.598. Sementara formasi terkecil Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Riset dan Teknologi, masing-masing 11 formasi.
Sedangkan untuk formasi daerah, DKI Jakarta masih menempati posisi tertinggi dengan 3.958 dan terendah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, 18 formasi.
Namun, daya tarik profesi PNS tidak sama dampaknya pada semua orang. Ada juga yang enggan melirik jabatan menjadi PNS. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang beberapa alasan kamu mulai mempertimbangkan menjajal profesi sebagai PNS. Ini terangkum dari beberapa pengalaman PNS dan CPNS dari berbagai instansi.
Kali ini sedikit dijelaskan tentang alasan menjadi PNS. Kalau belum tahu fakta yang sebenarnya nggak boleh terlalu cepat memutuskan ‘kan?
Stabilitas Ekonomi yang Terjamin.
Kamu hanya perlu bekerja dan tak perlu khawatir pada kondisi pasar maupun perampingan karyawan. Dalam pekerjaan ini jika kamu orang yang selalu butuh kepastian maka PNS adalah profesi yang cocok untuk dijajal. Kamu akan terus mendapatkan pekerjaan ini selamanya sekali diterima. Kecuali dalam beberapa kondisi saat kamu melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik.

Gaji yang Signifikan.
Gaji PNS memang tidak sebesar gaji sektor swasta tapi tunjangannya cukup menggiurkan dan kamu punya waktu untuk berwirausaha. Jangan dikira sebagai PNS itu susah! Selain gaji pokok yang lebih kecil dari sektor swasta, masih ada tunjangan lain yang bisa kamu terima. Tunjangan kinerja, tunjangan makan, hingga tunjangan keluarga bisa menambah nominal untuk mengisi rekeningmu.
Kesempatan untuk berwirausaha juga terbuka lebar. Waktu yang relatif fleksibel tidak akan menghalangimu untuk berkreativitas dan berbisnis. Tak jarang PNS yang berwirausaha memilih bisnis yang dekat dengan kebutuhan pekerjaan mereka. Seperti catering, membuat seminar kit. Misalnya ketika instansi mengadakan rapat dan membutuhkan seminar kit atau konsumsi, kamu bisa menawarkan dengan mudah bisnismu.

Karir yang Jelas dan Panjang.
Tawaran jenjang karir yang panjang dan jelas sangat mungkin diberikan oleh pekerjaan ini. Jika kamu berhasil menduduki kursi sebagai PNS maka langkah awal kamu ditentukan oleh pendidikan terakhir yang kamu miliki. Secara berkala maka eselon tersebut akan meningkat.

Tak perlu khawatir mentok dalam pekerjaan. Jika kamu telah mencapai titik maksimalmu di suatu instansi maka kamu bisa mutasi ke instansi lain yang membutuhkanmu.

Jadi, masih mau mengira bekerja sebagai PNS itu minim tantangan?

Sebagai anak muda, yang kaya akan ide-ide dan gagasan segar, pekerjaan sebagai PNS sesungguhnya layak untuk diperhitungkan. Di pekerjaan ini, kamu punya kesempatan untuk mengaplikasikan ide dan gagasan secara luas yang kamu miliki. Dampakanya kepada masyarakat juga akan terasa.

PNS kini bukanlah pekerjaan yang membosankan yang hanya cocok untuk bapak-bapak perut buncit. Anak muda yang kaya akan ide, gagasan, dan kreativitas sangat cocok masuk dalam pekerjaan ini.

Setelah dijabarkan beberapa alasan tentang pekerjaan sebagai PNS apakah semakin tertarik menjadi abdi negara? Atau malah ada yang justru merasa enggan?

Apapun keputusanmu, semoga karir yang sedang kamu jalani semakin sukses!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunda Sebagai Agen Perubahan

Learning How to Learn