Biasakan Membaca Buku Sejak Dini dan Temukan Manfaatnya!

Sebagian orang tua mungkin merasa malas bahkan enggan meluangkan waktu untuk membacakan buku kepada buah hatinya. Mereka mungkin berpikir bahwa si kecil belum mengerti jika dibacakan sebuah cerita.
Tahukah Bunda, kebiasaan baik membaca buku sudah bisa dilakukan semenjak bayi masih di dalam kandungan. Ketika usia kehamilan memasuki 3 bulan. Pada masa ini, ia telah dapat mendengar bunyi-bunyian dan percakapan baik suara Anda maupun suara dari luar perut ibunya. Tak jarang banyak orang tua yang memperdengarkan musik ataupun murotal Alqur’an kepada sang bayi.
Selain mendengarkan musik ataupun murotal Alqur’an kegiatan membaca juga berdampak baik untuk bayi lho. Yuk simak apa saja manfaatnya?
Membangun Percaya Diri.
Dengan dibiasakan membaca sejak dini, anak akan mempunyai bekal dalam bertutur kata. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya tinggi yang bagus pada anak. Bank kosakata yang ia dapat tersimpan rapi di otak mereka sehingga akan sangat mudah diajak berbincang-bincang dengan orang lain.
Memperbanyak Kosakata.
Seperti yang kita ketahui bahwa dengan membaca perbendaharaan kata baru akan kita dapatkan. Dengan membaca anak akan dengan mudah bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan.
Meningkatkan Memori.
Otak adalah organ yang luar biasa. Fungsinya adalah mengingat hal-hal dengan mudah. Masa keemasan anak merupakan masa yang sangat tepat untuk diberikan asupan positif. Karena fungsi otak bekerja dengan maksimal. Setiap kata yang Anda baca akan tersimpan dengan baik oleh otak.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi.
Ketika Anda membacakan buku, perhatian anak akan terfokus pada cerita. Seakan-akan dunia lain hilang begitu saja. Pada saat inilah anak dapat melibatkan diri dalam setiap detail yang ia rasakan. Daya konsentrasinya juga terlatih pada saat membaca. Semakin sering anak membaca maka kemampuan konsentrasinya akan meningkat.
Meningkatkan kecerdasan.
Salah satu cara paling murah, mudah, dan dapat langsung dilakukan untuk mempertajam kemampuan otak adalah membaca. Pernahkah Anda berpikir bahwa anak bisa menyelesaikan permasalahannya lewat membaca? Tanpa disadari tingkat kecerdasan anak terlatih melalui membaca. Anak akan dengan mudah memproyeksikan apa yang ia baca melalui kehidupan nyata.


Lalu mengapa harus buku? Bukan artikel dan koran? Karena buku adalah media yang lebih mudah mengikat dan membaur dengan pikiran para pembaca. Melalui bukulah anak bisa berimajinasi sesuai dengan pemikiran mereka.
Memang membutuhkan usaha yang tidak instan dan tidak mudah. Dalam hal ini peran orang tua sangatlah diperlukan. Agar termotivasi untuk mengajarkan anak untuk membiasakan diri dengan buku bacaan, pastikan untuk selalu mengingat pentingnya manfaat membaca buku pada anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunda Sebagai Agen Perubahan

Learning How to Learn